Penderita Penyakit Ini Sebaiknya Tidak Melakukan Terapi Bekam

Sekarang ini kita sudah tidak asing lagi dengan terapi penyembuhan bekam. Terapi yang sebetulnya sudah dikenal sejak tahun 1.550 SM di kota Mesir Kuno Timur Tengah dan juga di Tiongkok yang menggunakan wadah atau media tanduk, cangkir, atau sejenis gelas untuk menghisap darah kotor yang ada di bawah permukaan kulit. 

Penderita Penyakit Ini Sebaiknya Tidak Melakukan Terapi Bekam
Penderita Penyakit Ini Sebaiknya Tidak Melakukan Terapi Bekam

Saat ada darah kotor yang terkumpul di bawah permukaan kulit maka tentunya ada tindakan melukai yang dilakukan agar darah kotor tersebut dapat dibuang keluar. Walaupun terapi pengobatan ini baik, akan tetapi ternyata tidak semua orang boleh melakukan terapi bekam.

Dikutip dari halaman Webmdb, Menurut oraganisasi bekan di Inggris The British Cupping Society walaupun terapi bekam sering digunakan sebagai terapi penyembuhan namun ada beberapa jenis pasien dengan beberapa penyakit tidak disarankan untuk melakukannya. Beberapa jenis penyakit tersebut adalah:
  1. Penderita Anemia (kurang darah), hemofilia (kelainan pada darah)
  2. Penderita Rematik seperti arthritis dan juga fibromyalgia
  3. Penderita masalah fertilitas atau kesuburan
  4. Penyakit eksim dan juga jerawat
  5. Penderita Tekanan darah tinggi
  6. Penderita Migrain
  7. Penderita Depresi dan Anxiety
  8. Penderita Sesak Napas Alergi/Asma
  9. Penderita Varises


Selain daftar penyakit di atas, organisasi bekam di Inggris juga melarang wanita Hamil, menstruasi, kanker metastatik dan juga penderita patah tulang untuk melakukan terapi bekam. Sebetulnya hingga kini terapi bekam masih belum banyak diteliti untuk diketahui apa saja manfaatnya atau juga efek sampingnya. Akan tetapi sebagai pengobatan alternatif tentunya banyak yang percaya akan manfaat dan juga khasiatnya namun ada juga yang tidak percaya dengan manfaatnya tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penderita Penyakit Ini Sebaiknya Tidak Melakukan Terapi Bekam

0 komentar:

Posting Komentar